Jatnikamedia official website | Members area : Daftar | Masuk

#Pesona Pangkalpinang : “ Sejuta Pesona Wisata Pantai dan Kuliner Nusantara yang Menggoda

Tuesday, September 6, 2016

Share this history on :


Sahabat Wisata Indonesia, suatu hari secara kebetulan anak saya yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama bertanya perihal mata pelajaran mengenai potensi wisata daerah di Indonesia. Anak saya bertanya : “ Yah kalau Kota Pangkalpinang itu terletak dimana dan tempat wisata nya apa saja ? Saya mencoba menjawab pertanyaan anak saya itu meskipun pengetahuan saya mengenai kota Pangkalpinang itu terbatas. Saya hanya mengenal tempat tempat wisata di Indonesia yang sudah terkenal saja seperti : Pantai Kuta di Bali, Pantai Pangandaran di Ciamis, Samudera Ancol di Jakarta, Pantai Parangtritis di Jogjakarta, Raja Ampat di Papua dan lain-lain. Lalu untuk menjawab pertanyaan anak saya itu bagaimana? Jangan sampai saya dianggap “ Gapin” alias Gagap Informasi hehe…Jawaban saya begini, yuk nak kita cari informasinya bersama di peta mbah Google ya biar pasti…Akhirnya saya dan anak mencoba mencari informasi seputar kota Pangkalpinang di Google atau sekaligus mencari pengetahuan informasi sejarah dan potensi wisatanya secara lengkap…Akhirnya cliing…Alhamdulillah ketemulah informasi mengenai Pangkalpinang terutama potensi wisatanya yang ternyata tidak kalah menakjubkan dibandingkan dengan potensi wisata daerah lain di Indonesia.  Tidak kalah menakjubkan ? bener ga, wah jadi penasaran nih kira-kira seperti apa potensi nya ya……….

++++++++++++Sekilas Kota Pangkalpinang++++++++++++

Sahabat Wisata, setelah menemukan referensi lengkap Pangkalpinang Saya menemukan ide dan menamakan #Pesona Pangkalpinang  Sejuta Pesona Wisata Pantai dan Kuliner Nusantara yang Menggoda”. Kenapa demikian? Karena faktanya di Pangkalpinang lengkap sekali tersedia kekayaan wisata terutama Wisata Bahari ( Laut ) dan Wisata Kuliner disamping Wisata lain seperti Budaya, Wisata Sejarah yang lingkungannya masih alami dan bersih dan tetap menjaga kearifan lokal. Kalau begitu, Ayo kita Wisata ke Pangkalpinang !…

Sahabat Wisata Indonesia, Menurut informasi dari situs Pangkalpinangkota.go.id, Secara Bahasa Pangkalpinang berasal dari dua kata yaitu Pangkal dan Pinang. Pangkal dalam bahasa Melayu Bangka berarti pusat yang awalnya dahulu sebagai pusat perkumpulan timah yang kemudian berkembang pengertiannya sebagai pusat distrik, pusat pasar, tempat berlabuh kapal atau perahu dan titik pusat segala kegiatan . Sedangkan Pinang adalah sejenis pohon palma dan nama buah yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian Timur yang diperjualbelikan orang. Pangkalpinang merupakan Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terbentuk pada tanggal 9 Pebruari 2001 yang merupakan salah satu daerah Otonom yang letaknya dibagian Timur Pulau Bangka. 

Secara Geografis Pangkalpinang berada pada garis 106°4´ sampai dengan 106°7´ Bujur Timur dan garis 2°4´ sampai dengan 2°10° Lintang Selatan dengan luas daerah seluruhnya 118,40 km² (berdasarkan PP No.79 Tahun 2007) dengan Topografi bergelombang dan berbukit dengan ketinggian 20–50 m dari permukaan laut dan kemiringan 0-25%. Daerahnya berbentuk cekung dimana bagian pusat kota berada didaerah rendah. 

+Sejuta Pesona Wisata Pantai dan Kuliner Nusantara yang Menggoda+

Sahabat Wisata Indonesia, setelah kita sekilas mengenal Geografis Pangkalpinang, lalu kira-kira ada potensi wisata apakah yang terdapat di Pangkalpinang sehingga Penulis menamakan #Pesona PangkalpinangSejuta Pesona Wisata Pantai dan Kuliner Nusantara yang Menggoda ”, berikut Sejuta Pesona Wisata Pantai dan Kuliner Nusantara yang Menggoda yang bisa Penulis rekomendasikan:


Sejuta Pesona Wisata Pantai yang Menggoda

1.  Pesona Pantai Pasir Padi


Pantai Pasir padi ( sumber gambar : www.pegipegi.com )

Pantai Pasir Padi merupakan salah satu pantai yang paling indah dan mempesona di kota Pangkalpinang dan paling ramai dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Kenapa disebut Pantai Pasir Padi dan salah satu pantai yang paling indah dan mempesona? Karena pantainya dihiasi oleh ukiran karang, bebatuan alam nan indah dan hamparan pasir putih yang mirip bulir bulir padi sepanjang sekitar 300 meter. Pantai Pasir Padi berjarak sekitar 7 km dari Kota Pangkalpinang dan sekitar 3 Km dari Kantor Gubernur Propinsi Bangka Belitung, yang menghadap ke arah Laut Cina Selatan dan memiliki ombak laut yang tenang sehingga banyak wisatawan yang datang untuk berjemur atau hanya berenang. Garis pantai dengan pasir putihnya mencapai jarak 2 km dengan struktur padat dan landai sehingga bisa dipakai untuk kendaraan bermotor, olahraga bersepeda, jalan kaki, main pasir, Volly Pantai, main layangan, kesenian, hiburan, ritual upacara dan lain-lain.. Anda bisa menikmati pesona matahari terbit dan tenggelam ditambah dengan fasilitas yang tersedia di pantai ini yang sangat lengkap diantaranya ada area resort, permainan air, outbond area, tempat bermain anak, restoran seafood yang lezat dengan harga ekonomis, warung makanan dan minuman tradisional yang menyediakan oleh-oleh khas Pangkalpinang, sarana masjid, hotel berbintang dua serta toilet. Di dekat Pantai Pasir Padi terdapat pulau-pulau seperti : Pulau Punai yang dapat dikunjungi bila air laut surut, Pulau Panjang dan Pulau Semajun yang berjarak 2 mil dari bibir pantai, yang bisa dikunjungi dengan menyewa kapal kecil. Pengunjung yang datang dari luar daerah atau mancanegara, bisa melalui Bandara Depati Amir maupun Pelabuhan Pangkalbalam serta memakai angkutan kendaraan umum selama dua jam melalui Baturusa, Sungailiat dan Belinyu. untuk bisa langsung mengunjungi pantai ini.
sata Bangka BelitungPantai Pasir Pau Punai, Pasir Padi Bangka Belitung, Pangkalpinang, Pariwisata 33
2.    Pesona Pantai Parai Tenggiri
11.  Padi, Pantaigkaauan Ba Beli tung, Pulauera, Laut Cina Selatan,
Pesogkalpinang,sona Wisata Pangkalpng, PT Timah, gka, Pulau Bangka, Klenteng Cina, Jl Mayor Haji

Pantai Parai Tenggiri ( sumber gambar : https://id.wikipedia.org )

Pantai Parai Tenggiri  terkenal dengan sebutan Parai Green Resort atau Wisata Hijau adalah salah satu tujuan wisata andalan yang terletak di Desa Sinar Baru Kecamatan Sungai Liat di yang kira-kira berjarak 30 km sebelah Utara Kota Pangkalpinang. Pesona Pantai ini memiliki gugusan karang yang indah, kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil, memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan batu granit yang alami. Pantai ini dikelola supaya ramah lingkungan dengan cara mengurangi pencemaran limbah plastik dan menanam beragam pohon di area pantai sehingga kawasan pantai terlihat indah, bersih dan rapi. Adapun fasilitas yang disediakan untuk memanjakan pengunjung adalah : Adanya sarana perahu pancing dan peralatannya, rekreasi bahari berupa banana boat dan sarana penyelaman. Pengunjung juga bisa menginap di hotel berbintang empat dan tersedia sarana hiburan. Untuk mencapai pantai ini pengunjung bisa menggunakan angkutan umum seperti motor, angkot dan becak motor.

3. Pesona Pantai Matras

Pesona Wisata Paai ntai Bgkulu 
Pantai Matras merupakan salah satu pantai terkenal juga di pulau Bangka yang selalu ramai dikunjungi masyarakat lokal terutama musim liburan. Pesona Pantai ini sangat indah dan landai dengan hamparan pasir putih halus membentang sepanjang 3 km dilengkapi pepohonan kelapa dan aliran sungai alami. Pengunjung yang hobi berenang harap hati-hati karena arus laut di pantai ini cukup kuat.

4. Pesona Pantai Tanjung Pesona


Pantai ini terletak di Desa Rambak, Sungailiat. Pesona pantai ini adalah memiliki banyak wahana permainan yang menarik dan mengibur seperti Kano, Banan Boat, Jetski, berenang, memancing dan lain-lain.
 

5. Pesona Pantai Tikus



Pantai ini memiliki pesona Panorama indah dengan hamparan batu granit dan air laut yang kebiru -biruan. Ciri khas pantai ini adalah di puncak bukit ada sebuah kuil peribadatan yang berdiri megah dengan pemandangan yang indah bernama Padepokan Puri Tri Agung.

6. Pesona Pantai Penyak


Pantai Penyak memiliki daya tarik atau pesona pada permukaan pantainya yang landai dan berada persis di pinggir jalan raya yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Koba.

7.  Pesona Pantai Rambak


Pantai Rambak memiliki pesona pantai yang biru, pasir yang putih, dan banyak bebatuan besar yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Pantai ini dinamakan Rambak karena terletak di desa Rambak, kota Sungailiat. Pantai ini dapat ditempuh sekitar 45 menit perjalanan dari kota Pangkalpinang.

8.       Pesona Pantai Rebo


Pantai Rebo terletak di Kampung Rebo, Desa Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pesona Pantai ini adalah memiliki Garis pantai yang membentang sepanjang puluhan kilometer dengan tekstur tanah yang berbukit-bukit ditambah perahu nelayan yang berjajar seolah diparkirkan di tepian pantai dengan rapi.

9.       Pesona Pantai Teluk Uber


Pantai Teluk Uber terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Keistimewaan pesona pantai ini adalah suasananya yang masih sepi serta pesona pantai yang masih alami.

10.           Pesona Pantai Remodong


Pesona Kelebihan dari pantai ini adalah para pengunjung bisa menikmati matahari terbenam yang sangat indah karena letak kondisi Geografis pantai yang menghadap ke Barat.

11.           Pesona Pantai Air Anyer


Pantai ini terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Pantai ini berjarak 15 km dari Kota Sungailiat arah ke Pangkal Pinang. 


12.     Pesona Pantai Penyusuk


Pantai Penyusuk terletak di daerah Belinyu, Bagian Utara Pulau Bangka, memiliki pesona panorama pantai yang indah dengan tumpukan batu granit yang menawan.

13.           Pesona Pantai Batu Bedaun


Pantai Batu Bedaun lokasinya berada di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat. Pantai ini agak unik karena letaknya bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri dan mempunyai ciri khas pohon yang tumbuh di batu yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

14.           Pesona Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian selain memiliki pantai yang bersih dan indah dan memiliki warisan sejarah berupa bekas kapal perang dunia II serta Mercusuar peninggalan Kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1862.

Sahabat Wisata Indonesia, Pemerintah Kota Pangkalpinang ternyata perhatian dan serius menggarap potensi wisata yang ada di Kota pangkalpinang secara bertahap melalui kerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti Pengembang dan Investor. Hasilnya terbukti Kota Pangkalpinang mendapat prestasi dan penghargaan dalam kurun waktu tahun 2013 s/d 2018. Seperti misalnya Kota Pangkalpinang mendapat Penghargaan berupa :

Travel Club Tourism Award ( TCTA ) untuk kategori The Best Performance Tahun 2014 yang diselenggarkan oleh Majalah Travel Club bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, serta didukung Kadin Indonesia, dan gabungan industri pariwisata Republik Indonesia.


Sahabat Wisata Indonesia , Selain Sejuta Pesona Wisata Pantai, Kota Pangkalpinang memiliki juga daya tarik wisata lain yang sangat mempesona yaitu Sejuta Pesona wisata Kuliner.... mottonya menurut Penulis adalah dengan Sejuta Pesona Wisata Kuliner ini pengunjung dijamin sekali mencicipi pasti akan kembali hehe…

Sejuta Pesona Wisata Kuliner Makanan dan Minuman yang Menggoda


Sahabat Wisata, silakan yang kebetulan hobi Kuliner bisa memilih menu kuliner Makanan dan minuman semuanya atau hanya sebagian tergantung selera masing masing..langsung aja kita cek ya :

1. Minuman Es Anggrek
Jangan salah sangka, ini bukan Es dari bunga Anggrek. Pesona kuliner minuman Es Anggrek adalah Es yang diblender ditambah siraman sirup asli, rasanya maknyus seperti Es krim, sangat lembut dan segar, ada campuran kacang merah juga, rasanya nikmaaat..Anda mau mencoba?


2.  Makanan Otak-Otak Bangka
Pesona kuliner makanan Otak Otak ini adalah terbuat dari olahan sagu dan ikan Tenggiri ditambah saus sambal asam, saus sambal biasa, saus sambal terasi atau saus kacang dari tauco yang super maknyuus…Anda dijamin bakal ketagihan..! Otak otak Bangka ini dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar menghasilkan aroma ikan yang terasa khas.

3. Menu Makanan Grand Parai
Pesona di Grand Parai terdapat Menu-menu istimewa seperti ikan bakar Tenggiri yang lezat, Tahu isi aneka sayuran serta saus dan lainnya.

4.  Makanan Mie Koba
Pesona kuliner Mie Koba berbeda dengan mie lain karena citarasanya bernuansa seafood dengan kuah kecoklatan dan sedikit kental.


5.    Makanan Greeng Lesehan
Pesona kuliner Greeng Lesehan terdiri dari menu Lempah darat yang berisi sayur mayor yang nikmat, Lempah Kuning yang berisi ikan dengan kuah asam dan gurih ditambah aroma terasi yang kental.


6.    Makanan Dodol ketan
Dodol emh…..emh….sama kayak dodol yang di Jawa yah namun ada yang berbeda, Pesona kuliner Dodol ketan ala Bangka ini adalah merupakan campuran dari gula aren, ketan dan santan.  Rasanya tidak diragukan lagi manis legit dan aroma khas. Bentuk dodol memanjang dibungkus memakai plastik bening dan di makan bersama kopi pahit, maknyuuss… keren !. Cocok buat oleh oleh wisata.


7.    Makanan Getas
Getas merupakan oleh-oleh cemilan kuliner khas Bangka yang mirip kemplang terbuat dari sagu, ikan, garam serta bumbu dan rempah lainnya. Rasanya nikmat dan gurih.


8.    Makanan Empek-empek
Kalau kuliner empek-empek di Palembang juga ada ya..eit jangan salah. Empek-empek Palembang bahan dasarnya biasanya menggunakan ikan Gabus. Kalau empek-empek Bangka pesonanya menggunakan ikan Parang atau Tenggiri, bentuknya bulat memanjang dan bisa direbus atau digoreng serta di cocol sama sambal tauco, sambal biasa, atau sambal terasi, nikmattt  tenaaan…


9.       Makanan Kerupuk Kemplang
Pesona kuliner makanan Kemplang ini berbahan dasar ikan Tenggiri atau ikan Cumi serta ada tambahan sagu. Bentuk dari Kemplang ini cukup unik ada yang bulat, segiempat juga kotak. Cara menikmatinya bisa di goring dengan minyak atau dipanggang. Kerupuk Kemplang ini mudah ditemukan di Bangka dan banyak di produksi oleh warga masyarakat sebagai usaha rumahan.


10.   Makanan Kerupuk Kritcu
Pesona kuliner makanan Kritcu ini bahan dasarnya memakai telor cumi sebagai makanan cemilan yang khas yang sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh wisatawan.
 11.   Makanan Lakso
Pesona kuliner Lakso ini bisa ditemui di Bangka biasanya kalau ada tradisi acara tertentu seperti kenduri. Lakso terbuat dari beras dan sagu dengan campuran kuah bumbu ikan dan bawang merah dan rasanya sangat lezaat…

 12.     Makanan Pantiaw
Pesona kuliner Pantiaw merupakan makanan khas Bangka yang banyak di jual di toko makanan atau warung warung. Makanan ini terbuat dari tepung beras, berwarna putih bentuknya mirip mie yang memakai bumbu dengan aroma khas kuah ikan.
 
13.     Makanan Kue Rintak
Pesona kuliner kue ini merupakan makanan khas Kota Pangkalpinang yang terbuat dari campuran sagu, santan, telur, gula, wijen yang disajikan bersamaan dengan minum kopi atau susu. Rasanya memang mantaap….Kue Rintak juga biasanya hadir ketika lebaran tiba.

 14.     Minuman Tai Fu Sui
Sahabat Wisata, Kuliner Minuman Tai fu Sui hampir mirip dengan susu kedelai yang kita kenal dan merupakan minuman khas Bangka yang bergizi. Pesona minuman ini biasanya banyak ditemui di alun alun kota Pangkalpinang yang disajikan beramai ramai bersama keluarga atau kerabat. Minuman ini biasanya dibuat oleh warga masyarakat Melayu dan keturunan Tionghoa. Minuman ini sekarang biasanya di buat dalam berbagai rasa terutama rasa buah-buahan yang disajikan panas atau dingin. Jika Sahabat Wisata tertarik ingin mencoba membuat minuman Tai Fu Sui ini, penulis sajikan informasi resepnya, dijamin enak ya !

Rendam kacang kedelai yang telah bersih dari kulitnya dan dicuci,  diblender sampai halus. Kemudian di saring dan rebus dengan api kecil sampai mendidih.. Bisa ditambah gula dan buah-buahan yang telah dipotong sesuai selera. Selanjutnya disajikan panas atau dingin.


15.     Makanan Rusip, Pekasem dan Kecalok
Nama kuliner ini kedengaran aneh dan agak asing. Rusip merupakan makanan hasil fermentasi dari ikan bilis laut segar yang disimpan dalam botol, dicampur garam atau gula aren dan bisa dinikmati setelah sebulan dan enak dimakan bersama cabai dan bawang merah, wow….! Adapun Pekasem adalah siput laut yang di fermentasikan dan Kecalok adalah kuliner bahan Udang halus hasil fermentasi..

Wah…ternyata pesona wisata pantai dan kuliner di kota Pangkalpinang itu banyak dan keren keren ya selain potensi wisata lainnya yang belum tergali. Tidak salah bila penulis menamakan :
# Pesona Pangkalpinang :
“Sejuta Pesona Wisata Pantai dan Kuliner Nusantara yang Menggoda “

Sumber referensi :



Terima kasih atas kunjungannya, ada pertanyaan ? silakan kontak : bisnis.jatnika@gmail.com.
silakan beri komentar dan pesan di bawah. terima kasih sukses untuk Anda...