Jatnikamedia official website | Members area : Daftar | Masuk

" Keunggulan Strategi Marketing" Layanan Bhinneka Sangkuriang Shuttle

Tuesday, August 30, 2016

Share this history on :

Hallo Sahabat Shuttler, ada kabar gembira nih bagi sahabat yang sering bepergian antar kota buat urusan bisnis, Sekolah, bekerja ataupun berwisata. Apaaan tuh? Sekarang sudah hadir layanan moda baru transportasi untuk solusi masalah waktu, kemacetan dan kenyamanan dalam perjalanan yaitu layanan Shuttle dari P.T. Bhinneka Sangkuriang.

Siapakah Bhinneka Sangkuriang itu ?


Sahabat Shuttler, bagi sahabat yang belum kenal Bhinneka Sangkuriang, penulis bisa ulas secara singkat bahwa pada awalnya PT. Bhinneka Sangkuriang Transport adalah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang angkutan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) yang berdomisili di kota Cirebon, Bandung, Bekasi dan Sukabumi. Pada Tahun 1972 P.O. Bhinneka pertama kali berdiri di kota Cirebon dan dalam perkembangannya pada tahun 1989 mendirikan P.O. Sangkuriang di Bandung. Pada Tahun 2012 P.O. Bhinneka Dan P.O. Sangkuriang bergabung menjadi satu yaitu PT. Bhinneka Sangkuriang Transport. Hingga kini PT. Bhinneka Sangkuriang Transport telah berkembang terutama di Jawa Barat dengan asset karyawan sekitar seribuan terdiri dari Kru ( Pengemudi dan Kondektur ), Mekanik, Staff Kantor dan Pengurus Terminal dengan Visi menjadi yang terdepan dan terpercaya dalam jasa transportasi.

Apa dan Mengapa Harus Shuttle..?

Shuttle itu apaan yah, Layanan Shuttle kan udah banyak…, kelebihannya apa ? lalu bedanya dengan Travel apa? So what gitu loh he..he..,begitulah kira-kira pertanyaan dari sahabat Shuttler..

Arti kata Shuttle  ( baca : satel ) dalam Bahasa Indonesia adalah Transportasi bus baik mini, medium dan big bus yang berdinas pulang pergi dari satu titik ke titik lainnya atau istilah kerennya adalah layanan point to point  atau pool to pool atau tempat ke tempat dan berhenti di tempat tertentu. Misal contohnya : Sahabat punya angkutan transportasi, hanya melayani Trayek Lebak Bulus – Tanjung Priok, lalu berhenti hanya di gedung DPR dan Cawang UKI. Lalu Bedanya dengan Travel apa? Kalau Travel penumpang di jemput ke alamat dan diantar sampai ke alamat tujuan terakhir atau istilah kerennya angkutan door to door. Misal contoh: Sahabat punya angkutan jurusan Bandung – Cirebon, ketika Sopir mau berangkat harus jemput dahulu penumpang satu per satu di rumah / alamat masing-masing ..... lalu sampai di kota tujuan, Sopir mengantarkan penumpang juga ke alamat tujuan masing-masing. Sampai sini sahabat sudah paham ya atau tambah bingung hehe..

Sahabat Shuttler, mengapa sih harus layanan Shuttle dan bukan Travel ? Nah setelah Sahabat mengetahui pengertian dan perbedaan layanan Shuttle dan Travel di atas, dengan menggunakan layanan Shuttle penumpang lebih hemat waktu ( baca : lebih on time ) dan terhindar dari macet karena semua penumpang hanya di turunkan ( drop ) di satu titik tinggal selebihnya penumpang mengatur sendiri ke tujuan masing masing. Kalau dengan layanan Travel penumpang diantar dahulu satu per satu ke alamat tujuan masing masing sehingga resiko macet dan waktu lama tidak bisa dihindari. Sekarang sahabat tinggal memilih apakah mau menggunakan layanan Shuttle atau Travel ?


Apa Saja Keunggulan Marketing Layanan Shuttle Bhinneka Sangkuriang…?

Sahabat Shuttler, seiring dengan perkembangan bisnis bidang transportasi yang semakin kompetitif dan permintaan layanan konsumen khususnya di wilayah Jawa Barat, PO. Bhinneka Sangkuriang meluncurkan layanan moda terbaru selain layanan yang sudah ada seperti layanan bus Pariwisata, bus Patas, Taxi dan lainnya yaitu layanan Bhinneka Shuttle yang secara resmi diluncurkan mulai tanggal 13 Mei 2016. Dengan adanya layanan baru ini tentu semakin menambah pilihan alternative layanan transportasi yang aman, nyaman, dan terpercaya bagi konsumen. Menurut informasi dan data dari pihak perusahaan, saat ini Bhinneka Shuttle baru melayani rute Bandung – Cirebon ( PP ) saja dengan layanan Pool to Pool atau Point to Point, artinya penumpang naik dari Pool Bandung dan turun atau diantarkan ke Pool di Cirebon dan sebaliknya, penumpang tidak bias turun sembarangan di agen, terminal atau tempat lain. Jadi bagi warga masyarakat Bandung dan Cirebon khususnya tentu dengan adanya layanan dari Bhinneka Shuttle ini sangat menggembirakan bukan ?


Armada Bhinneka Shuttle ( sumber gambar : Facebook.com/naikbhinneka )

Adapun keunggulan Marketing dari Layanan Bhinneka Shuttle ini bila Sahabat menggunakan dan sudah mengenal konsep Bauran Pemasaran / Marketing Mix ( dari Kotler ) yaitu dilihat dari 4 P ( Product, Price, Place, Promotion,) bisa penulis gambarkan sebagai berikut  :

Keunggulan PRODUK ( Product )

1.   Estimasi On Time 3 Jam :
Produk dari Bhinneka Sangkuriang ini adalah layanan Shuttle dengan sistem Point to Point atau Pool to Pool untuk target sekitar 3 jam perjalanan. Mengapa target sekitar 3 jam ? karena rute layanan Bhinneka Shuttle ini menempuh rute perjalanan melalui Jalur Tol ( Pool Bandung Mekar Wangi – Pintu Tol Moh. Toha – Jl. Peta Sudirman – Cibeureum- Pajajaran – Tol Pasteur– Tol Cipali – Pintu Plumbon – Pool Cirebon) atau sebaliknya. Sahabat bisa membandingkan dengan layanan lain yang menempuh jalur arteri / utama yaitu Cirebon – Sumedang - Bandung, maka waktu tempuh mungkin lebih lama dan potensi terjebak kemacetan. Dengan layanan Shuttle ini penumpang bisa lebih nyaman, lebih tepat waktu dan potensi bisa terhindar dari kemacetan karena kendaraan hanya berangkat dari titik ke titik tertentu serta via Tol. Sehingga Target estimasi On Time 3 jam dari Cirebon ke Bandung dan sebaliknya ( PP ) bisa dicapai dengan layanan Bhinneka Shuttle ini. Benar benar On Time bukan..?


2.   Kendaraan Lebih Mewah, Aman dan Nyaman :
Bhinneka Shuttle benar benar memanjakan dan memperhatikan segi keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Terbukti Bhinneka Shuttle menggunakan Armada yang cukup mewah dan berkualitas yaitu Toyota HiAce varian Commuter sekelas mobil Menengah ke atas. 


Interior armada Hiace Shuttle ( sumber gambar : detailmobil.com dan mobilupdate.com )

Kendaraan ini mempunyai spesifikasi : Kapasitas standar 16 jok penumpang, berkonsep MPV sehingga cocok digunakan untuk tujuan komersial seperti mobil Shuttle. Untuk lebih menambah rasa kenyamanan bagi penumpang, layanan Bhinneka Shuttle hanya membatasi kapasitas 10 jok penumpang. Selain itu kendaraan memakai mesin turbodiesel dilengkapi dengan peredam suara sehingga penumpang tidak merasakan suara berisik di jalan, interior dan langit langit lebih tinggi dan luas, desain lebih mewah, dilengkapi oleh fitur multimedia, full AC dan reclining seat. Selain itu sistem keamanan mobil lebih terjamin dengan adanya anti-lock brake system dan Brake Assist dengan tujuan mobil dapat mengerem dengan tepat dan dapat mencegah penguncian ketika pengemudi secara tiba-tiba harus menginjak rem, ditambah fitur kantung udara bila terjadi kecelakaan. Mantap Bro…! 

3.   Penghargaan Bisnis Transportasi :

Sertifikat ISO Bhinneka Sangkuriang ( sumber gambar : Facebook.com/naikbhinneka )

Selain itu sebagai bukti kualitas dalam bidang bisnis transportasi, Bhinneka Sangkuriang sebagai induk perusahaan (holding company) Bhinneka Shuttle telah mendapatkan ISO 9001 : 2008 yang didapatkan dari SGS. Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa PT. BHINNEKA SANGKURIANG TRANSPORT telah terpercaya dan mengutamakan pelayanan prima. Sahabat bisa membandingkan Bhinneka Shuttle dengan layanan Shuttle lain yang produknya layanannya kurang maksimal, armadanya kurang nyaman dan aman serta legalitasnya kurang jelas.

Keunggulan HARGA ( Price )


Meskipun Bhinneka Shuttle relative baru, namun dalam segi harga tiket lebih bersaing dari yang lain dan lebih terjangkau atau lebih ekonomis dengan tetap mengutamakan kualitas, yaitu :

-    Harga Tiket Resmi, Menurut informasi harga dari fanpage facebook.com/naikbhinneka, harga tiket perdana mulai Tanggal 13 Mei 2016 adalah promo Rp 95.000,- sudah termasuk biaya asuransi perjalanan penumpang. Mulai tanggal 07 Agustus 2016 harga tiket sebagai berikut :  Promo Tiket ( PP ) Rp 180.000,-, Promo Tiket Merdeka selama bulan Agustus Rp 100.000,- ( syarat dan ketentuan berlaku ) dan harga khusus mahasiswa Rp 80.000,-. Sedangkan harga secara Online di tiketux.com adalah Rp 100.000,-. Sahabat bisa membandingkan Bhinneka Shuttle dengan layanan Shuttle lain yang harganya kurang jelas, berubah ubah, tidak pasti, bahkan mungkin dikenakan biaya  ( charge dan lain lain ). 

-  Kemudahan Pemesanan dan Pembayaran Tiket, untuk kemudahan pemesanan tiket sahabat bisa memesan melalui Telp, SMS, WhatsApp atau melalui pemesanan secara online pada tiketux.com, dengan pilihan pembayaran yang beragam diantaranya melalui Indomaret, ATM, BCA KlikPay, Mandiri e-cash, Mandiri clickpay, CIMB Clicks, t.cash, XL TUNAI serta Kartu Kredit Berlogo VISA & MasterCard.


Bhinneka Sangkuriang
Infomasi Jurusan, Jadwal Keberangkatan dan Harga Tiket
Bandung - Cirebon
BANDUNG MEKARWANGI - POOL CIREBON
Harga Tiket:
Rp. 100,000
Jam Berangkat:
05:00 | 05:15 | 08:00 | 11:00 | 15:00 | 17:00
Cirebon - Bandung
POOL CIREBON - BANDUNG MEKARWANGI
Harga Tiket:
Rp. 100,000
Jam Berangkat:
05:00 | 11:00 | 15:00 | 18:00 | 18:30
Jadwal Pemesanan Tiket Bhinneka Shuttle ( Sumber : tiketux.com )

Keunggulan LOKASI ( Place )
Sahabat Shuttler jangan khawatir, Pool Bhinneka Shuttle relative mudah ditemukan dan berada di lokasi strategis dan ramai, sahabat bisa datang atau mengunjungi langsung ke kantor atau outlet penjualan tiket Bhinneka Shuttle yaitu di lokasi pool dengan jam keberangkatan berikut : 

1.Untuk Daerah Bandung: 
  Lokasi Pool: Jalan Soekarno-Hatta, Mekar Wangi (Sekitar Rumah Makan Sederhana Bintaro). Mulai   per Tanggal 12 Agustus 2016 penumpang bisa berangkat dari Pasteur Bhinneka Shuttle Cabang Saung Kabayan. Jam pemberangkatan mulai pukul 05:00 – 11.00 – 17.00 WIB.

2. Untuk Daerah Cirebon:  
 Lokasi Pool: Jalan Pilang Raya No.587,Kedawung (Samping Rumah Sakit Permata). Jam pemberangkatan pukul 18:00 WIB

 Kantor Pool Cirebon ( sumber : Twitter : www. twitter.com/naikbhinneka )
 
Keunggulan PROMOSI ( promotion )
Sahabat Shuttler, menurut survey Promosi memegang peranan penting sebagai sarana ujung tombak untuk kesuksesan suatu produk atau jasa dalam memberikan informasi dan mempengaruhi persepsi konsumen. Bhinneka Shuttle melalui Bhinneka Sangkuriang melakukan bentuk dan strategi Promosi sebagai berikut :

-        Membuat Kartu Pelanggan ( membership card )


Keuntungan dari Kartu Pelanggan Bhinneka Shuttle ini adalah pelanggan akan mendapatkan tambahan poin secara otomatis setelah setiap kali menggunakan layanan dari Bhinneka Sangkuriang untuk mendapatkan reward atau hadiah kejutan dari Bhinneka. Hadiah kejutan ini berlaku juga untuk pelanggan layanan Bhinneka Sangkuriang lainnya, karena ini merupakan bentuk apresiasi dari Bhinneka Sangkuriang terhadap loyalitas pelanggannya. Untuk mendapatkan Kartu Pelanggan, konsumen bisa segera menghubungi Pool Bhinneka Sangkuriang terdekat. 

- Melakukan Promosi, Informasi, Penanganan Komplain Penumpang Melalui Media Sosial
Untuk mengetahui mengenai informasi Layanan Bhinneka Shuttle dan terutama promosi harga setiap harinya serta penanganan komplain penumpang sahabat dan konsumen bisa menghubungi atau memantau melalui :

Jejaring Media Sosial Bhinneka Sangkuriang yaitu :
    
Facebook : facebook.com/naikbhinneka,
Twitter : twitter.com/naikbhinneka,
Instagram : instagram.com/naikbhinneka

Atau Promosi Iklan di Media Surat Kabar Tribun Jawa Barat

-      Mempunyai Website atau Situs Perusahaan Resmi
Jangan bingung, bagi sahabat dan konsumen yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai layanan Bhinneka Shuttle serta layanan lainnya termasuk profil perusahaan silakan mengklik alamat : www.naikbhinneka.co.id sebagai situs resmi (official site) perusahaan Bhinneka Sangkuriang.

-      Memiliki Layanan Hotline / Call Center
Langsung saja, Bagi sahabat dan konsumen yang berminat menggunakan jasa layanan Bhinneka Shuttle, silakan untuk meminta informasi dan melakukan pemesanan lebih dahulu ( booking seat ) dan Reservasi di layanan Hotline atau Call Center

Bandung : 0812 14000 900 / 022.5229568
Cirebon   : 0812 14000 600 / 0231.210777

-      Pelayanan dan Staff yang Profesional
Bhinneka Shuttle dengan Visi dan Misi sebagai yang terdepan dan terpercaya dalam jasa transportasi siap membantu konsumen dengan pelayanan Staff Frontliner dan awak kendaraan yang ramah dan profesional.

Sahabat Shuttler, demikian artikel tulisan ini penulis sajikan, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Menulis Blog Bhinneka Sangkuriang

Referensi:
www.tiketux.com

Terima kasih atas kunjungannya, ada pertanyaan ? silakan kontak : bisnis.jatnika@gmail.com.
silakan beri komentar dan pesan di bawah. terima kasih sukses untuk Anda...